Sabtu, 27 April 2013

SUMATERA SELATAN, PROVINSI GEMILANG


Sumatera Selatan merupakan provinsi yang terletak antara 5º 10' - 1º 20' LS 101º 40' - 106º 30' BT atau tepatnya berada di wilayah selatan pulau sumatera, Indonesia. Provinsi beribukota Palembang. Provinsi yang memiliki luas 91.592.43 km2 ini memiliki 4 Kota dan 11 Kabupaten, yaitu :


Kab. Ogan Komering Ulu ( Ibukota Baturaja),
Kab.Empat Lawang (Tebing Tinggi),
Kab. OKU Timur (Ibukota Martapura),
Kab. OKU Selatan (Ibukota Muara Dua), 
Kab. Ogan Komering Ilir (Ibukota Kayu Agung), 
Kab. Muara Enim (Ibukota Muara Enim), 
Kab. Lahat (Ibukota Lahat),
Kab. Musi Rawas (Ibukota Lubuk Linggau), 
Kab. Musi Banyuasin (Ibukota Sekayu), 
Kab. Banyuasin (Ibukota Pangkalan Balai), 
Kab. Ogan Ilir (Ibukota Indralaya), 
Kota Palembang (Ibukota Palembang), 
Kota Pagar Alam (Ibukota Pagar Alam),
Kota Lubuk Linggau (Ibukota Lubuk Linggau), 
Kota Prabumulih ( Ibukota Prabumulih).

di dalam wilayah tersebut, tersebar suku Melayu (34,37%), Jawa (27,01%), Komering (5,68%), Sunda (2,45%), Tionghoa (1,1%), Minangkabau (0,94%), Lain-lain (28,45%), serta agama Islam (96%), Kristen (1,7%), Buddha (1,8%), Lain-lain (0,5%). Bahasa yang digunakan pun beragam, sesuai dengan daerahnya masing-masing. Setiap daerah memiliki bahasa tertentu, seperti Ogan Ilir dengan bahasa  Komering, Muara Enim dengan bahasa Rambang, atau Palembang dengan bahasa Palembang. 

Provinsi Sumatera Selatan merupakan tempat pusat kerajaan sriwijaya pada masa hindu-buddha, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa prasasti seperti Kedukan Bukit. Serta beberapa legenda yang cukup terkenal di sumatera selatan seperti Pulau Kemaro, Putri Rambut Selako, Si Pahit Lidah, ataupun Putri Pinang Masak. 

Beberapa kebudayaan dari Sumatera Selatan pun tak luput dari pandangan, seperti Kain Songket, Guritan, Sastra Tutur, ataupun Dul Muluk yang hingga saat ini tetap terus dipertahankan agar Sumatera Selatan tidak kehilangan ikon kebudayaannya.

Dari segi pariwisata, Sumatera Selatan telah menjadi salah satu pusat pariwisata di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro di Kota Palembang, Gunung Dempo dan Bukit Jempol di Pagaralam, Danau Ranau di OKU, dan masih banyak tempat pariwisata yang dijadikan andalan di Sumatera Selatan. 

Dari segi makanan, siapa yang tidak kenal dengan Pempek Palembang, makanan khas asli dari kota palembang sudah dikenali oleh seluruh nusantara sehingga tidak heran jika Palembang dijuluki sebagai "Kota Pempek"

Saat ini Sumatera Selatan dipimpin oleh seorang gubernur, yaitu H.Alex Noerdin. Dalam masa kepemimpinannya, bapak Alex Noerdin telah merasakan gemilangnya Sumatera Selatan menuju provinsi yang terbaik di Indonesia, hal itu diwujudkannya dengan majunya daerah-daerah di seluruh sumatera selatan, seperti penyebaran Wi-Fi yang baru-baru ini dilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan tersebut. Dengan hal ini, diharapkan Sumatera Selatan mampu mengikuti arus globalisasi dan IPTEK demi kemajuan Sumatera Selatan yang semakin gemilang.


REFERENSI : http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Selatan


0 komentar:

Posting Komentar