Sabtu, 27 April 2013

SUMATERA SELATAN GEMILANG : TITISAN MAHARAJA SRIVIJAYA


SUMATERA SELATAN, PROVINSI GEMILANG

          Sumatera Selatan merupakan salah satu Provinsi yang berada di NKRI, dengan ibukotanya adalah Palembang. Konon, Palembang merupakan kota tertua di Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan dijadikannya sungai musi sebagai jalur maritim Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu. Sebagai salah satu Negara Kerajaan yang berkuasa di Asia Tenggara kala itu, Sriwijaya menjadi Kerajaan yang diperhitungkan dan gemilang pada masanya. Hal itu menginspirasi Pemimpin Sumatera Selatan saat ini, H.Alex Noerdin , untuk mewujudkan “Sumatera Selatan Gemilang” dengan menjadikan kejayaan kerajaan sriwijaya sebagai salah satu indikator, hal itu sudah mulai terbukti sejak masa kepemimpinannya yang telah menginjak 5 tahun, berbagai sektor yang diandalkan untuk menyejahterakan rakyat Sumatera Selatan dari hari ke hari semakin membaik, perlahan-lahan Sumatera Selatan amenjadi gemilang di masa kepemimpinannya. Salah satu kesuksesan yang dicapai oleh Gubernur Sumatera Selatan ini adalah Menjadikan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Energi Nasional dan Pangan. Perkembangan pembangunan di era kepemimpinan Bapak H Alex Noerdin dinilai sangat gemilang bagi Propinsi Sumatera Selatan. Bukan hanya penilaian dari Presiden Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, komentar tersebut juga datang dari kalangan elit politik lainnya.  namun yang terpenting baginya adalah masyarakat Sumatera Selatan Sendiri yang dapat merasakan manfaat pembangunan tersebut.

http://palembang.tribunnews.com/foto/berita/2011/8/10/ALEX.JPG

Sesuai dengan mottonya “Rakyat didahulukan, Kerja diutamakan” , beliau mengatakan bahwa terpenting bukan penilaian orang lain melainkan yang terpenting rakyat sendiri dapat merasakan kegemilangan. Maka dari itu, untuk membuktikan perkataannya tersebut, beliau memutuskan  kembali untuk mengajukan diri sebagai Calon Gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018 dengan pasangannya yaitu Ir. Ishak Mekki,MM , demi melanjutkan kegemilangan Sumatera Selatan yang gemilang yang telah dilakukannya dengan kerja keras selama 5 tahun.

indonesiasumsel.blogspot.com

Peningkatan taraf kehidupan semakin terasa dari hari ke hari, kebutuhan akan sarana, tranportasi, makan, dan kehidupan lainnya yang semakin dibutuhkan oleh para rakyat dijanjikan oleh Bapak Alex Noerdin dalam visi dan misinya akan meningkatkan tingkat kesejahteraan kehidupan masyarakat. Berikut beberapa indikator kesuksesan pembangunan di masa kepemimpinan Alex Noerdin yang semakin gemilang :

- Ekonomi
   Alex Noerdin berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin di Sumatera Selatan. Pada tahun  2009 mencapai 1.167.000 (16,28%) menjadi 1.074.800 jiwa (14,24%) pada tahun 2011. Hal ini dinilai sebagai capaian yang luar biasa karena dalam 2 tahun Alex Noerdin telah berhasil menekan angka kemiskinan mencapai 2% lebih.
“Pertumbuhan ekonomi  kita cenderung meningkat dari tahun ke tahun, ini merupakan bukti daya tahan perekonomian Sumsel dalam menghadapi krisis ekonomi Sumsel, bahkan sama dengan pertumbuhan  ekonomi nasional yaitu 6,5 persen, selain itu seperti kita pahami bersama pertumbuhan  ekonomi yang tinggi tahun 2011 merupakan buah dari pelaksanaan  Sea Games  XXVI di Palembang,” katanya. (http://palembang.tribunnews.com/2013/04/01/alex-noerdin-ungkap-kemajuan-sumsel-2008-2013)

www.palembangdotkom.com

- Transportasi


Demi mewujudkan keamanan dan kenyamanan warga kota Palembang, maka tahun 2011 diresmikan Busway bernama “Trans Musi”. Kendaraan ini dioperasikan sebagai bentuk perhatian Gubernur Sumatera Selatan terhadap para warga yang bepergian menggunakan jasa transportasi yang aman dan nyaman. Seiring dengan bertumbuhnya minat masyarakat dengan Trans Musi, maka Trans Musi menambah rutenya yaitu Rute Karya Jaya-Jakabaring demi kebutuhan warga yang tinggal di daerah tersebut. Dengan ongkos cukup Rp. 4.000/naik saja, maka para penumpang bisa menuju ke rute tujuannya dengan aman dan nyaman, sesuai dengan motto Sumatera Selatan yaitu “Sumsel Gemilang”

- Pendidikan dan Kesehatan
  Sesuai dengan janjinya, Alex Noerdin akan menjanjikan Program Sekolah dan Berobat Gratis andai beliau terpilih menjadi Gubernur Sumatera Selatan, hal tersebut bukan omong kosong, Alex Noerdin langsung membuktikannya dengan mencanangkan program tersebut ke seluruh pelosok Sumatera Selatan. Sudah 5 tahun sekolah gratis berhasil terealisasikan. Dengan adanya program ini, masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan pendidikan yang layak.  Sehingga akan membuat berkurangnya angka putus sekolah di Sumsel. “Lebih baik belajar di kandang kambing dan di ajar guru bodoh daripada melihat anak-anak putus sekolah” ujar H. Alex Noerdin.
Kesehatan pun tak luput dari pandangan Alex Noerdin, hal yang sama dilakukan demi menjamin kesehatan warga Sumatera Selatan, demi terwujudnya warga yang sehat akan menimbulkan suatu keberhasilan yang gemilang. Dengan pencapaian ini, H Alex Noerdin dianugerahi Rekor Muri dari Museum Rekor Indonesia untuk Sekolah dan Berobat Gratis pertama di Indonesia.






- Olahraga

adiitoo.com/wp-content/uploads/2011/11/logo_sea_games_2011.jpg

olahraga.kompasiana.com

www.bola.net

Rakyat Indonesia tentu masih mengingat dengan Sea Games 2011 yang diselenggarakan di Indonesia di Palembang dan Jakarta.  Berkat kerja keras Alex Noerdin dalam membangun pembangunan Sumatera Selatan, Indonesia menunjuk kota Palembang sebagai tempat pembukaan dan penutupan ajang bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. Menjawab tantangan yang diberikan oleh pemerintah, membuat Alex Noerdin tertantang untuk menyukseskan Sea Games yang diselenggarakan pertama kali di luar pulau jawa saat Indonesia menjadi tuan rumah. Hasilnya, berkat kegemilangan Sumatera Selatan, membuat event 2 tahunan ini sukses diselenggarakan dan berjalan dengan sukses yang menghasilkan juara umum Sea Games kembali ke pangkuan ibu pertiwi, dan dianggap sebagai Sea Games tersukses dalam penyelenggaraannya. Keberhasilan  ini berkat pengawasan dan kerja keras Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan mendapatkan penghargaan “The Best Regional Leader Of The Year 2011” yang di berikan oleh perusahaan marketing “Markplus Inc”. Berkat kesuksesan itu, kini kota Palembang sering dipercaya sebagai tuan rumah dalam event-event olahraga, seperti Triathlon maupun Beach Volley Ball Championship di Jakabaring Sport Center (JSC).
Kesuksesan juga diraih oleh tim lokal Sriwijaya FC (SFC), menjadikan SFC sebagai salah satu langganan juara dan menjadi salah satu tim terkuat di Indonesia. Kesuksesan ini tak luput dari hasil kerja keras Alex Noerdin serta anaknya Dodi Reza yang terus menerus memperjuangkan nama Sumatera Selatan di sektor olahraga demi tercapainya suatu kegemilangan yang dicita-citakan oleh Sumatera Selatan.

Dalam mottonya, yaitu “Sumsel Gemilang” , Alex Noerdin juga menciptakan sebuah lagu yang diberi nama “Mars Sumsel Gemilang” yang bertujuan untuk memberikan semangat kepada seluruh warga Sumatera Selatan agar cita-cita Sumatera Selatan meraih kegemilangan akan tercapai.

Lirik Lagu Sumsel Gemilang :
Saatnya kita melangkah maju , menuju program yang baru
Bersatu padu dan bahu-membahu , hilangkan rasa bimbang dan ragu
Cipatakan sumber daya manusia, sehat cerdas tampil berdaya guna
Siap melaksanakan pembangunan semesta , rakyat adil makmur dan sejahtera

Sumatra Selatan , maju terdepan
Sumatra Selatan jadi teladan
Mari kita segra meningkatkan , lumbung energi nasional dan pangan
Wujudkan cita-cita agar dimasa depan, Sumatra Selatan jadi gemilang

Mari kita kerahkan tenaga , ntuk laksanakan amanah
Gali potensi sumber daya alam, sluruh daerah Sumatra Selatan
Produksi energi, pertambangan , pertanian perkebunan peternakan
Wujudkan kemakmuram adil dan sejahtera, agar rakyat hidup aman sentosa

Sumatra Selatan , kini terdepan
Sumatra Selatan , jadi teladan
Ciptakan tenaga profesional , mampu bersaing di dunia global
Ini harapan kita agar dimasa depan , Sumatra Selatan pasti gemilang

Kesuksesan Sumatera Selatan patut dilanjutkan demi pembangunan yang semakin maju, rakyat yang sejahtera, serta perekonomian yang semakin meningkat. Dengan ini, maka Sumatera Selatan akan menjadi daerah paling diperhitungkan di Indonesia dan menjadi Sumatera Selatan sebagai Sumber Energi Nasional dan Pangan Utama di Indonesia sesuai dengan cita-citanya yaitu “Sumsel Gemilang”.

"Kegemilangan Sumatera Selatan yang Semakin Gemilang"
"Rakyat Didahulukan Kerja diutamakan "
Gubernur Sumatera Selatan H.Alex Noerdin
















































0 komentar:

Posting Komentar